Padahal upaya membangun merek ini
sebetulnya tidak terlalu sulit dan tidak selalu membutuhkan dana promosi
besar. Syarat utamanya hanya satu, harus diakukan secara
sungguh-sungguh dan konsisten dengan mutu produk yang dihasilkan.
Sebab sekali merek ini dibangun
maka merek tersebut akan terus menempel sebagai identitas sekaligus
menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan.
Mengenai upaya membangun merek ini
PT Santos Jaya Abadi memiliki pengalaman yang menarik dengan produk kopi
bubuknya yang diberi merek Kapal Api.
PT Santos Jaya Abadi didirikan oleh
Go Soe Lot di Surabaya pada tahun 1927 dengan kopi bubuk sebagai produk
utamanya. Kegiatan usaha PT Santos Jaya Abadi terus berkembang
sehubungan dengan makin meningkatnya permintaan kopi bubuk di Surabaya
dan sekitarnya.
Namun sejalan dengan makin
meningkatnya permintaan pasar dan banyak bermunculannya
perusahaan-perusahaan kopi bubuk lain, PT Santos Jaya Abadi mulai
mengantisipasi perkembangan pasar dengan menggunakan merek Kapal Api
sebagai upaya untuk mempertahankan identitas dan kualitas produk kopi
bubuk yang dihasilkan.
Merek Kapal Api ini dipilih karena
terinspirasi oleh sebuah simbol kemegahan kapal samudera bermesin
uap/diesel sebagai lompatan teknologi pelayaran samudera yang baru
dikenal dunia ketika itu.
Pada tahun 1970 perusahaan tersebut
melakukan modernisasi struktur manajemen sesuai dengan perkembangan
perusahaan yang semakin besar. Pengelolaan perusahaan pun dilimpahkan
kepada kalangan generasi muda yang memiliki kemampuan manajemen lebih
baik dan dapat bekerja lebih professional.
Perluasan jaringan menjadi program
prioritas dalam pengembangan usaha perusahaan. Program tersebut membawa
hasil berupa perluasan jaringan distribusi dan pemasaran hingga ke
seluruh Jawa Timur.
Pada tahun 1980 PT Santos Jaya
Abadi mendirikan pabrik baru di Kecamatan Sepanjang, Sidoarjo, Jatim
yang dilengkapi dengan peralatan teknologi modern sehingga dapat
memenuhi standard mutu dan hygiene yang menjadi syarat utama bagi
konsumen.
Dari pabrik baru tersebut kopi
bubuk Kapal Api semakin memantapkan keberadaannya dalam memenuhi
kebutuhan selera dan cita rasa Indonesia.
Dengan merek Kapal Api tersebutlah
PT Santos Jaya Abadi terus melakukan penetrasi pasar secara nasional.
Bahkan jenis produk pun terus didiversifikasi dengan menggunakan bahan
dasar kopi bubuk yang dicampur dengan gula, susu, jahe ginseng dan
lain-lain.
Perusahaan pun mulai mengupayakan penetrasi produk kopi bubuk Kapal Api ke pasar ekspor di mancanegara.
Perusahaan pun mulai mengupayakan penetrasi produk kopi bubuk Kapal Api ke pasar ekspor di mancanegara.
Dengan menggunakan merek terdaftar
Kapal Api, PT Santos Jaya Abadi kini berhasil menjadi salah satu market
leader industri kopi di Indonesia dengan menguasai pangsa pasar terbesar
diantara perusahaan-perusahaan sejenis yang menjadi pesaingnya.
Merek Kapal Api sebagai komponen
sebuah produk kopi bubuk mengemban peran yang sangat menentukan baik
sebagai identitas produk maupun sebagai bentuk ungkapan rasa tanggung
jawab dalam rangka perlindungan konsumen.
Atas keberhasilannya tersebut PT
Santos Jaya Abadi dengan kopi bubuk merek Kapal Api-nya berhasil meraih
penghargaan Merek Dagang Indonesia 2003 dari pemerintah. (Dim)
Sumber : ciputraentrepreneurship[.]com
0 komentar:
Post a Comment
Komentar, Kritik dan Saran Anda