Monday, April 02, 2012

Merawat Keyboard



Keyboard adalah salah satu perangkat keras penting untuk PC, Leptop, Netbook dan Notebook, tetapi terkadang Keyboard tidak mendapatkan perlakukan yang istimewa dalam hal perawatan, hal ini dikarenakan pengguna merasa bahwa keyboard adalah barang atau hardware yang sangat jarang rusak


Keyboard adalah salah satu perangkat keras penting untuk PC, Leptop, Netbook dan Notebook, tetapi terkadang Keyboard tidak mendapatkan perlakukan yang istimewa dalam hal perawatan, hal ini dikarenakan pengguna merasa bahwa keyboard adalah barang atau hardware yang sangat jarang rusak, memang untuk Keyboard PC sangat mudah bila bermasalah tinggal beli yang baru, karena harga dipasaran bervariasi dari yang murah sampai yang mahal, tinggal beli lalu cabut keyboard lama gan ganti dnegan yang baru..tetapi bagaimana dengan keyboard leptop/notebook dan netbook. Kalo terjadi masalah ya berabe banget. Untuk menggantinya ga gampang harus ditangani oleh ahlinya dan ga akan sedikit biaya yang harus kita keluarkan.
Oleh sebab itu mendingan rawat keyboard dengan seksama dari pada bermasalah dikemudian hari. Berikut ini adalah cara merawat keyboard :
1.      Besihkan kototan disela-sela tombol secara berkala
Untuk membersihkan kotoran disela-sela tombol dapat digunakan vasumm cleaner. Dapat menggunakan vasumm cleaner ukuran kecil dengan daa sedot yang baik. Atau dapat  pula melakukan penyemprotan udara disela-sela tombol dengan menggunakan compresor
2.      Bila keyboard tersiram cairan
Bila keyboar tersiram cairan maka langkah pertama adalah cepat-cepat matikan saluran listrik ke leptop/notebook dan netbook dengan mencabut seluruh sumber daya listrik yang ada. Kemudian letakkan tissue dipermukaan keyboard dan posisikan leptop/netbook atau notebook telungkup agar cairan keluar dan terserap oleh tissue.
3.      Memasang keyboard protector yang terbuat dari silikon.
Dengan memasang keyboard protector maka keyboard kita akan terhindar dari kotoran dan tumpahan cairan.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar, Kritik dan Saran Anda