Apapun bisnis Anda, baik menjual jasa atau barang, pastinya tidak lepas dari yang namanya konsumen, karena dari merekalah sumber penghasilan Anda. Saat mereka puas karena terpenuhi kebutuhannya, mereka akan terus mempercayai Anda. Namun, ketika kita melakukan sedikit kesalahan atau terdapat kekurangan dalam pelayanan kita, konsumen kadang menyampaikan keluhannya.
Perlu cara yang tepat dalam menanggulangi keluhan pelanggan!! Karena itu Anda harus mengetahui trik bisnis untuk mendapatkan hati pelanggan kembali, dengan Trik bisnis untuk mendapatkan hati pelanggan kembali, yaitu Anda harus tahu seni mendengarkan.
Seni mendengarkan keluhan yang dimaksud antara lain :
1. Berhentilah berbicara saat konsumen Anda berbicara mengenai keluhannya,
2. Bertanyalah lebih jelas jika ada sesuatu yang belum Anda mengerti secara benar,
3. Biarkan konsumen Anda mengutarakan maksudnya sampai selesai dan jangan menyela atau menimpali sebelum konsumen Anda selesai,
4. Konsentrasilah untuk mendengarkan apa yang menjadi keluhannya,
5. Lihatlah mata atau wajah konsumen Anda saat melayaninya,
6. Sebagian konsumen kadang tidak bisa mengutarakan maksud dan keluhannya secara lugas, karena itu fahami maksud yang tersirat dari konsumen Anda.
7. Tunjukkan emosi positif seperti empati misalnya, turutlah rasakan apa yang menjadi keluhan konsumen Anda,
8. Jangan mendebat pendapat konsumen Anda, jika pun mengharuskan, maka lakukanlah secara pelan sehingga pendapat Anda bisa tersampaikan dengan nyaman di hati konsumen Anda,
9. Jangan melompat pada sebuah kesimpulan sebelum konsumen Anda selesai menyampaikan keluhannya.
10. Berbicara dan dengarkan dengan tulus, agar solusi yang Anda berikan bisa lebih berkualitas dan membuat hati pelanggan Anda terpuaskan.
Itulah trik bisnis untuk mendapatkan hati pelanggan yang kesal dengan pelayanan kita. Jadikan seni mendengarkan keluhan ini sebagai rumus wajib dalam trik bisnis Anda.
Sumber : pengenbisnis.com
Wednesday, December 19, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment
Komentar, Kritik dan Saran Anda