Tuesday, October 09, 2012

Ini Alasan Steve Jobs Agresif Patenkan Penemuan Apple

Apple dikenal senang menggugat vendor lain yang dinilai melanggar patennya. Apa alasan Apple mematenkan hampir semua hal yang diklaim sebagai penemuannya? 

Sebuah laporan dari New York Times menyebutkan, kekalahan Apple di perang paten beberapa tahun lampau jadi alasannya. Ya, pada tahun 2006 Apple melanggar paten milik Creative Technologies terkait music playback.
Kala itu, Apple sepakat membayar USD 100 juta untuk menyelesaikan kasus. Nah, sejak itulah Steve Jobs yang masih menjadi CEO Apple tidak ingin kejadian serupa terulang kembali.

Jobs pun berfokus untuk mendaftarkan paten semua penemuan Apple. "Kita akan mematenkan semuanya," kata Jobs dalam sebuah pertemuan menjelang diluncurkannya iPhone generasi pertama. 

Sejak saat itu, Apple pun giat mendaftarkan paten. Seorang mantan pengacara Apple yang menolak disebut identitasnya mengatakan Apple tetap mengajukan paten meskipun tahu peluang paten itu untuk diterima kecil.

Di bawah kepemimpinan CEO Tim Cook, Apple tetap agresif soal paten. Meski Cook pernah mengklaim gugatan hukum adalah pilihan terakhir mereka.

"Untuk melindungi penemuan, kami mematenkan beberapa teknologi baru. Dalam kasus langka ketika kami mengambil aksi hukum terkait persoalan paten, itu sebagai upaya terakhir," kata Cook yang detikINET kutip dari Apple Insider, Kamis (9/10/2012).

0 komentar:

Post a Comment

Komentar, Kritik dan Saran Anda