Monday, June 11, 2012

Mau Tahu Berapa Spesies Semut? Ada 30 Ribuan


Para ilmuwan AS saat ini tengah berambisi untuk membuat katalog online bernama Antweb. Katalog ini akan sangat berguna bagi para ilmuwan yang tertarik dengan semut. Orang awam pun dapat melihat bermacam-macam semut melalui katalog tersebut.
Ilmuwan ini menggunakan teknik mutakhir yang dapat menampilkan detail mikroskopis dari tubuh semut melalui sebuah foto. Brian Fisher, Kepala Tim Ilmuwan, dan teman-temannya saat ini tengah berburu semut di Museum Sejarah Alam di London. Sebelumnya mereka telah menerapkan teknik pengambilan gambar itu di AS. Mereka berhasil mengambil gambar 8.000 spesies semut.

Namun ternyata di dunia ini terdapat 30,000 spesies semut. Dari jumlah tersebut, hanya 15.000 spesies semut yang terdaftar dalam ilmu pengetahuan. Setiap spesies memiliki spesimen yang disimpan di museum.

Fisher dan timnya berencana untuk memfoto semua spesimen semut tersebut satu per satu. “Target kami 10,000 semut setahun,” ujar Fisher pada BBC.

Spesimen semut tersebut difoto beberapa kali dari beberapa sudut dengan fokus pada bagian-bagian tertentu. Kelak jika foto itu telah dikombinasikan, detail yang belum pernah diketahui sebelumnya akan terlihat.

“Jika gambarnya diperbesar, kita dapat melihat bulu-bulunya, matanya, dan segala detail lainnya,” jelas Fisher.

Melalui program ini, mereka berharap dapat memperkenalkan berbagai jenis semut pada orang awam, tak hanya pada ilmuwan. “Kebanyakan orang tidak mengetahui betapa menakjubkannya hewan yang tinggal di pekarangan rumah mereka,” ujar dia.


Sumber : republika[.]co.id

0 komentar:

Post a Comment

Komentar, Kritik dan Saran Anda